APA SIH AKM ITU ???

AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum , duhhhh apa lagi itu ??

Tahun depan, 2020/2021 kalian yang sekarang duduk di bangku kelas VI SD, IX SMP dan XII SMA sederajat tidak akan merasakan yang namanya Ujian Nasional (UN). 

Seneng donk ya ... 😂😁 

Eits, tapi jangan seneng yang berlebihan dulu ya kalian, karena Ujian Nasional (UN) akan di ganti dengan yang namanya AKM ( Asesmen Kompetensi Minimum ). Apa sih artinya ??

Dikutip dari KOMPAS.com - Banyak yang menyambut positif berakhirnya Ujian Nasional (UN) di tahun 2020. Namun sejatinya, UN tidak dihapus, melainkan digantikan oleh Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter. AKM merupakan salah satu gebrakan yang dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melalui program Merdeka Belajar. "Tahun 2021 UN akan diganti menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter," ujar Nadiem saat memaparkan program Merdeka Belajar di Hotel Bidakara,Jakarta, akhir tahun lalu. Menurut Nadiem, AKM dapat menjadi penilaian yang lebih komprehensif untuk mengukur kemampuan minimal siswa. Nantinya, AKM akan berisi materi yang meliputi tes kemampuan literasi, numerasi dan pendidikan karakter. 

Naaahh lo ... gimana ?? masih seneng atau mulai gelisah nih .. 😁😄 

Berikut, pidato sambutan dari Mas Menteri Pendidikan 



AKM terbagi menjadi atas beberapa level, yakni level Pemahaman Konsep, level Aplikasi Konsep dan level Penalaran Konsep. Sedangkan literasi terbagi atas level Mencari Informasi dalam Teks, level Memahami Teks, dan level Mengevaluasi dan Merefleksi Teks. 
Berikut beberapa contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum yang disiarkan oleh Kemendikbud. 

Contoh Soal AKM Numerasi Level
Pemahaman Konsep (Dok. Kemendikbud) 

Contoh Soal AKM Numerasi Level
Aplikasi Konsep (Dok. Kemendikbud) 

Contoh Soal AKM Literasi Membaca Level
Mengevaluasi dan Merefleksi Teks (Dok. Kemendikbud)


Post a Comment

Kami sangat menghargai komentar anda, alangkah baiknya komentar yang baik

Previous Post Next Post

Contact Form