1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Dalam eksplorasi konsep mengenai refleksi diri pemikiran KHD, ada 11 halaman yang harus bapak/ibu diskusikan. Berikut akan admin bagikan beberapa alternatif isian bahan diskusi pada setiap halaman.

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Halaman 1

Taman Siswa seperti melakukan perlawanan terhadap kekuasaaan yaitu kolonial dan para bupati yang hanya mengupayakan pendidikan untuk kepentingan sesaat, tetapi lupa akan kepentingan jangka panjang. Apakah pendidikan kita sekarang sudah mampu melakukan untuk itu ataukah hanya slogan belaka merdeka dan merdeka???

Pemikiran KHD tentang dasar dasar pendidikan memang sangat menarik untuk di pelajari,sebagai tokoh pendidikan beliau memiliki keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia indonesia yang beadap maka pendidikan menjadi salah satu kuci utama untuk mencapainya.

Halaman 2

1. Kegigihan bangsa Indonesia untuk mendapatkan pembelajaran karena ditengah penjajahan para penjajah bangsa Indonesia berusaha untuk belajar dan menemukan titik merdeka belajar, belajar tana ada tekanan dari bangsa lain.

2. Tujuan pendidikan yang diberikan kepada bangsa Indonesia pada masa zaman kolonial hanya semata-mata demi kepentingan penjajah yaitu mendapatkan tenaga yang murah dan terampil, zaman kolonial lebih menekankan pemenuhan SDM yang dibutuhkan untuk menjalankan bidang usaha/industri sehingga hanya mengajarkan kemampuan baca, tulis dan hitung 

3. Persamaan tidak memberikan sepenuhnya kebebasan belajar dan masih bersifat paksaan serta diajar oleh guru dalam ruangan sedangkan perbedaannya pada masa sekarang bangsa Indonseia tidak dibawah jajahan kolonial Belanda tetapi sudah merupakan bangsa yang merdeka sedangkan pendidikan zaman kolonial difokuskan untuk menciptakan siswa menjadi tenaga kerja di industri/usaha/ keperluan tenaga kasar ( bisa baca, tulis, hitung) demi kepentingan penjajah

Halaman 3

Jika melihat potret pendidikan di indonesia dari jaman dulu hingga sekarang tampaknya masih ada persamaan persamaan yaitu di kelompok kelompok elite, atau pendidikan yang menciptakan manusia manusia yang dapat mendukung usahanya. hanya saja perbedaan itu sekarang di balut lebih tipis saja. 

Halaman 4

Asas Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya. jika seseorang mendapatkan pendidikan dan pengajaran diharapkan menjadi manusi yang beradab dan memiliki kecakapan hidup secara lahir dan batin.

Halaman 5

Dasar Dasar Pendidikan KHD Pendidikan adalah tuntunan dalam hidup tumbuh kembang anak agar mereka sebagai manusia dansebagai anggota masyarakat dapat mencapai keelamatan dan kebahagiaan yang setinggi tingginya. Pendidikan berkewajiban dan menebalkan sifat dasar alamiah manusia yang baik sehingga menjadi budi pekerti yang baik.oleh karena itu perlu menguasai diri pendidikan budi pekerti,pendidik perlu jadi contoh yang baik bagi murid atau siswa yang mereka didik.

Halaman 6

KHD menegaskan juga bahwa didiklah anak-anak dengan cara yang sesuai dengan tuntutan alam dan zamannya sendiri. Dengan penegasan KHD ini kita dapat merefleksi bahwa pendidikan itu dinamis mengikuti perkembangan jaman dan selalu berinovasi mengikuti perubahan agar anak didik bisa beradaptasi sesuai dengan keadaan pada lingkungannya saat ini.

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Refleksi Diri Tentang Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Halaman 7

Penerapan budi pekerti dalam kehidupan sehari hari memberi pengaruh positif bagi lingkungan. Perilaku yang baik bisa di tunjukkan melalui kebiasaan yang sederhana misalnya dengan bersikap sopan dengan perilaku yang baik tersebut pastinya akan berdampak baik pula dalam lingkungannya. 

Keluarga menjadi tempat dimana pembentukan karakter seseorang di mulai dari kasih sayang sesama anggota keluarga, rasa hormat yang lebih tua hingga norma dan moral perhatian yang cukup kepada anak anak akan menjadikan anak anak akan memiliki karakter yang baik di kemudian hari. Anak- anak yang mempunyai budi pekerti yang baik akan mempunyai tempat dalam hati dan lingkungan di masyarakat.

Kerena dengan tindakan yang baik pasti akan di terima dengan mudah di masyarakat dan secara tidak langsung sikap budi pekerti yang baik bisa membangkitkan rasa persatuan dan kesatuan di negara Indonesia ini.

Halaman 8

Dapat memahami arti pendidikan, pendidikan yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan. Contoh kodrat anak, semisal biji jagung kodratnya tetap akan tumbuh jagung tinggal pak tani (pengajar) dapat membimbing dengan baik maka akan tumbuh baik dan besar.

Kondrat biji jagung tidak mungkin tumbuh padi, sebagai pengajar kita dituntut mampu membimbing, menuntun agar anak tumbuh baik dan mampu bahagia dan selamat. 

Halaman 9

Metode Montessori Frobel dan Taman Anak Tujuan metode pendidikan mentessori di antaranya membantu para orang tua dalam menerapkan pola pengajaran yang efektif bagi anak mereka membantu anak anak didik dalam mengembangkan tingkat inteketual, pesikomotor dan afektif yang ada pada diri mereka.ciri khas dari metode ini adalah penekanan terhadap aktivitas pengarahan diri pada anak dan pengamatan klinis dari guru yang berfungsi sebagai fasilitator atau pendamping.

Halaman 10

Sejarah perjalanan Ki Hajar Dewantara di dalam mendirikan Taman Siswa dan Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Pendidikan tempat persamayaman benih-benih kebudayaan, pekerjaan yang kita lakukan adalah untuk membentuk peradaban, kebudayaan harus statis, dan terus bergerak. Pendidikan harus berhamba pada anak.

Halaman 11

Berikut intisari dari pemikiran Ki Hajar Dewantara yang saya sampaikan pada tautan berikut ini.

Post a Comment

Kami sangat menghargai komentar anda, alangkah baiknya komentar yang baik

Previous Post Next Post

Contact Form