1.2.a.3. Mulai dari diri - Nilai dan Peran Guru Penggerak

1.2.a.3. Mulai dari diri - Nilai dan Peran Guru Penggerak
Pada modul 1.2 bapak/ibu diminta untuk membuat trapesium usia dalam modul 1.2.a.3 mulai dari diri tentang nilai dan peran guru penggerak. 
Tujuan dari trapesium usia adalah untuk melihat kejujuran dari masing-masing calon guru penggerak mengenai beberapa kejadian positif dan negatif. Beberapa pertanyaan yang diajukan adalah sebagai berikut: 

Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat dirasakan dan mungkin masih dapat memengaruhi diri Anda di masa sekarang?

  • Momen paling menyenangkan menurut saya adalah saat duduk di bangku sekolah. Banyak sekali kenangan bersama teman-teman yang sangat berkesan dan serasa pengen diulang kembali. Masa sekolah merupakan masa dimana seorang siswa dibentuk dan mulai membangun mimpi mereka dikemudian hari ketika mereka sudah dewasa kelak.
  • Dari bangku sekolah siswa mulai membentuk karakter, kepribadian dan merancang masa depan bersama dengan teman dan guru di dalam kelas mereka. Setelah mereka dewasa, banyak hal positif yang dapat mereka lakukan setelah mendapat bekal dari sekolah sehingga dimasa ini benar-benar menjadi tolak ukur kehidupan masa depan mereka.

Menurut Anda, apa saja peran dari seorang Guru jika dikaitkan dengan trapesium usia?

  • Seorang guru sangat berperan dalam membantu membentuk karakter, mendorong untuk siswa dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodrat mereka. Ketika seorang siswa mencontek saat ulangan harian, maka peran guru adalah memberikan arahan, motivasi dan bimbingan bukan menghukum sehingga karakter anak dapat terbentuk dengan baik.
  • Selain itu, peran guru juga menjadi fasilitator dalam berproses anak ketika mereka di bangku sekolah. Tanpa adanya peran guru siswa tidak akan mampu mengelola kodrat yang telah mereka miliki karena tidak ada yang membimbing. Kesuksesan seorang siswa dalam pendidikan tak lepas dari peran seorang guru yang hebat.

Buatlah 1-2 kalimat yang dapat menggambarkan nilai-nilai yang Anda percayai sebagai seorang Guru, menggunakan kata-kata berikut: Guru, Murid, Belajar, Makna.  

  • Guru yang baik akan menuntun dan mengarahkan murid untuk dapat belajar sesuai kodratnya sehingga dapat memberikan makna dalam diri murid tersebut. Agar siswa mendapatkan pendidikan yang bermakna, selain menuntun untuk mencapai kodrat anak masing-masing guru juga harus memberikan teladan dalam bersikap sehingga karakter siswa juga terbentuk dengan baik.

Post a Comment

Kami sangat menghargai komentar anda, alangkah baiknya komentar yang baik

Previous Post Next Post

Contact Form